Mengapa Seniman Video Mapping di Indonesia Sedikit ?

rental proyektor malang, rental led videotron

 

Jakarta – Mendengar nama video mapping, pastinya Anda akan teringat dengan visualisasi bangunan runtuh yang ada di Museum Fatahillah beberapa waktu lalu? Namun sebenarnya video mapping tak hanya terdapat adegan runtuhnya situs bersejarah saja, masih banyak visual lainnya.

Di Indonesia, karya seni ini sudah berkembang sejak lama, meski dalam skala kecil dan komunitas. “Tapi video maping ini tidak lepas dari peran para VJ yang sering perform di klub, pesta indoor dan outdoor, hotel, hingga acara komersil lainnya,” ujar seniman dari Yogyakarta Raphael Donny kepada kami kemarin.
Sayangnya perkembangan seni video mapping ini tidak didukung oleh sumber daya manusia yang memadai. Ia mengatakan masih sedikit seniman yang berkecimpung di dalamnya. “Dari segi biaya produksi memang relatif besar dan mahal,” katanya.

Pasalnya, sang seniman maupun penyelenggara harus menggunakan proyektor berlumens besar dan kuantitasnya menyesuaikan dari besarnya gedung yang menjadi media.

Namun sebenarnya, video mapping tidak harus dalam skala besar. Bisa di atas layar LED, layar di dalam ruangan, maupun backdrop panggung.

Selain soal teknologi proyektor dan mahalnya biaya, minimnya seniman video mapping karena terletak pada kurangnya minat saja.

“Kalau secara finansial sih sebetulnya cukup menguntungkan. Tapi kalau minatnya saya enggak bisa komentar, mungkin memang orangnya saja yang belum mau,” kata Isha Hening.

Namun, Isha menggaris bawahi pengertian seniman video mapping itu sendiri. Menurutnya istilah tersebut masih agak aneh. Pasalnya video mapping adalah medium.

Biasanya, pelakunya atau pencipta karya seni tersebut adalah seniman motion graphics, designer, animator, dan seniman vfx. “Mungkin memang benar, yang menggunakannya sebagai medium belum terlalu banyak.”

Tapi jika dilihat dari para pelakunya sudah banyak sekali. Bahkan ada yang sudah menjadi VJ sejak awal tahun 2000-an di mana profesi tersebut belum familiar di dengar masyarakat.

 

DINAMIKA MULTIMEDIA

RENTAL PROYEKTOR MALANG || RENTAL LED VIDEOTRON

 Jl. Papa Kuning 15 – Kota Malang

 0341 – 404459 / 404308

 dinamika_multimedia

 0857 5555 0409

 0857 5555 0409 (Whatsapp)

Leave a Reply